Thursday, June 13, 2013

Jawaban Kuis



SOAL -SOAL DAN JAWABAN UJIAN
MATA KULIAH NILAI  DAN ETIKA LINGKUNGAN

 HERYANTI  ( 12.13101.0047)
antie_jose@yahoo.co.id
heryantialief@gmail.com




PPSKM STIK BINA HUSADA PALEMBANG
TAHUN 2013


SOAL I :
Jelaskan apa yang dimaksud dengan ekosistem? rincikan ekosistem apa saja yang ada di bumi dan di sekitar anda... lengkapi dengan gambar !

JAWAB :
Yang dimaksud dengan ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Dalam UU NO. 23 Tahun 1997, ekosistem adalah tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam bentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.
Di bumi ada bermacam-macam ekosistem.
1.      Menurut proses terbentuknya ekosistem dibagi 2 yaitu :
a.       Ekosistem alami
b.      Ekosistem buatan.
2.      Secara garis besar ekosistem dibedakan menjadi 2 yaitu :
a.       Ekosistem darat
b.      Ekosistem perairan.



1.      Menurut proses terbentuknya ekosistem dibagi 2 yaitu :
a.     Ekosistem Alami adalah ekosistem yang terbentuk secara alami tanpa adanya campur tangan manusia. Contoh ekosistem darat adalah ekosistem hutan. Sedangkan contoh ekosistem perairan yaitu ekosistem danau, ekosistem rawa dll.
b.      Ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia. Contoh ekosistem buatan adalah ekosistem kolam, ekosistem akuarium, ekosistem kebun dan lain sebagainya. Ekosistem darat yang mencakup daerah luas disebut bioma. Contohnya adalah bioma hutan hujan tropis, bioma padang rumput, bioma padang pasir dan bioma tundra. Dapat dikatakan juga bahwa bioma terdiri dari ekosistem-ekosistem. Semua ekosistem yang ada di bumi beserta atmosfer yang melingkupinya saling berinteraksi membentuk biosfer atau ekosistem dunia.

2.      Secara garis besar ekosistem dibedakan menjadi 2 yaitu :
a.      Ekosistem Darat
Ekosistem darat  ialah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Berdasarkan letak geografisnya (garis lintangnya), ekosistem darat dibedakan menjadi beberapa bioma, bioma gurun, bioma padang rumput, bioma hutan basah, bioma hutan gugur, bioma taiga, bioma tundra



b.      Ekosistem Perairan
Ekosistem perairan dibedakan atas ekosistem air tawar dan ekosistem air Laut. Ekosistem Air Tawar yaitu variasi suhu tidak menyolok, penetrasi cahaya kurang, dan terpengaruh oleh iklim dan cuaca. Ekosistem air laut, Habitat laut (oseanik) ditandai oleh salinitas (kadar garam) yang tinggi dengan ion CI- mencapai 55% terutama di daerah laut tropik, karena suhunya tinggi dan penguapan besar. Di daerah tropik, suhu laut sekitar 25°C. Rantai makanan adalah perpindahan energi  makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan.

 

SOAL II :
Apa yang dimaksud dengan nilai lingkungan? lengkapi dengan bagaimana mengkuantifikasi nilai lingkungan ?

Yang dimaksud dengan nilai lingkungan adalah ada kandungan yang terdapat dalam lingkungan. Lingkungan yang mempunyai nilai positif, berharga dan dipentingkan dengan sebaik-baiknya, dimana artinya yang berkarakter dan mendukung terciptanya perwujudan nilai-nilai lingkungan dalam menunjang kehidupan, sepeti karakter cinta pada Sang Maha Pencipta dan segenap ciptaan-Nya. Begitupun sebaliknya. Jadi nilai lingkungan yang berharga tersebut sangatlah penting bagi perkembangan semua makhluk untuk bertahan hidup dan untuk beribadah pada Sang Pencipta.
Nilai-nilai lingkungan yaitu sikap maupun kata seseorang yang dapat mempengaruhi dalam perilaku terhadap lingkungannya. Sikap seseorang yang peduli terhadap lingkungan dan menghargai alam akan mendapatkan dampak positif dari lingkungan. Tetapi apabila sikap acuh dan tidak menghargai lingkungan sekitar akan merusak lingkungan dan sikap dan kata-kata yang membuat atau mempengaruhi orang lain dengan ucapan maupun tindakannya terhadap lingkungan baik itu positif maupun negatif akan mempunyai pegaruh terhadap kita. 
Berarti nilai lingkungan harus mencakup kemandirian dan tanggung jawab, kejujuran dan amanah, diplomatis, hormat dan santun, dermawan, suka tolong-menolong, gotong royong dan kerjasama dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.
Jika kita mau menentukan bagaimana cara mengkuantifikasi nilai lingkungan, maka kita harus tahu dulu arti kuantifikasi, yang merupakan keterangan yang berhubungan dengan kuantitas atau jumlah. Misalnya setiap, beberapa, semua. Untuk menjamin rasa keadilan lalu diupayakan perhitungan nilai ekonomi akibat perubahan lingkungan terhadap kesejahteraan masyarakat. Misalnya peningkatan pencemaran air di sungai ataupun di pulau akibat pembalakan atau penambangan terhadap penurunan pendapatan masyarakat di wilayah tersebut sekaligus penurunan kualitas hidup. Berdasarkan nilai itu, maka manusia mempunyai keutamaan, bila ia mampu memelihara, mengelola dan melestarikan lingkungan hidupnya dengan baik. Sarana pencegahan pencemaran atau pengelolaan limbah dikatakan mempunyai arete, jika dapat bekerja dengan semestinya dalam mencegah atau menanggulangi pencemaran .

SOAL III :
Jelaskan jenis-jenis etika lingkungan yang anda ketahui. Jelaskan bagaimana strategi penerapan etika lingkungan itu!
Etika lingkungan dapat dibedakan menjadi etika pelestarian dan etika pemeliharaan.  Etika pelestarian adalah etika yang menekankan pada mengusahakan pelestarian alam untuk kepentingan manusia, sedangkan etika pemeliharaan dimaksudkan untuk mendukung usaha pemeliharaan lingkungan untuk kepentingan semua mahluk. Etika ekologi dapat dibedakan menjadi etika ekologi mendalam dan etika ekologi dangkal.
 
1.      Etika Ekologi Dangkal
Etika ekologi dangkal adalah pendekatan terhadap lingkungan yang menekankan bahwa lingkungan sebagai sarana untuk kepentingan manusia, yang bersifat antroposentris. Etika ekologi dangkal ini biasanya diterapkan pada filsafat rasionalisme dan humanisme serta ilmu pengetahuan mekanistik yang kemudian diikuti dan dianut oleh banyak ahli lingkungan. Kebanyakan para ahli lingkungan ini memiliki pandangan bahwa alam bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.


Secara umum, Etika ekologi dangkal ini menekankan hal-hal berikut ini :
a.       Manusia terpisah dari alam.
b.      Mengutamakan hak-hak manusia atas alam tetapi tidak menekankan tanggung jawab manusia.
c.       Mengutamakan perasaan manusia sebagai pusat keprihatinannya.
d.      Kebijakan dan manajemen sunber daya alam untuk kepentingan manusia.
e.       Norma utama adalah untung rugi.
f.       Mengutamakan rencana jangka pendek.
g.      Pemecahan krisis ekologis melalui pengaturan jumlah penduduk khususnya    dinegara miskin.
h.      Menerima secara positif pertumbuhan ekonomi.
2.      Etika Ekologi Dalam
Etika ekologi dalam adalah pendekatan terhadap lingkungan yang melihat pentingnya memahami lingkungan sebagai keseluruhan kehidupan yang saling menopang, sehingga semua unsur mempunyai arti dan makna yang sama. Etika Ekologi ini memiliki prinsip yaitu bahwa semua bentuk kehidupan memiliki nilai bawaan dan karena itu memiliki hak untuk menuntut penghargaan karena harga diri, hak untuk hidup dan hak untuk berkembang. Premisnya adalah bahwa lingkungan moral harus melampaui spesies manusia dengan memasukkan komunitas yang lebih luas. Komunitas yang lebih luas disini maksudnya adalah komunitas yang menyertakan binatang dan tumbuhan serta alam.

Secara umum etika ekologi dalam ini menekankan hal-hal berikut :
a.       Manusia adalah bagian dari alam.
b.      Menekankan hak hidup mahluk lain, walaupun dapat dimanfaatkan oleh manusia, tidak boleh diperlakukan sewenang-wenang.
c.       Prihatin akan perasaan semua mahluk dan sedih kalau alam diperlakukan sewenang-wenang.
d.      Kebijakan manajemen lingkungan bagi semua mahluk.
e.       Alam harus dilestarikan dan tidak dikuasai.
f.       Pentingnya melindungi keanekaragaman hayati.
g.      Menghargai dan memelihara tata alam.
h.      Mengutamakan tujuan jangka panjang sesuai ekosistem.
i.        Mengkritik sistem ekonomi dan politik dan menyodorkan sistem alternatif yaitu sistem mengambil sambil memelihara. 
Demikian pembagian etika lingkungan, Keduanya memiliki beberapa perbedaan-perbedaan seperti diatas. Tetapi bukan berarti munculnya etika lingkungan ini memberi jawab langsung atas pertanyaan mengapa terjadi kerusakan lingkungan. Namun paling tidak dengan adanya gambaran etika lingkungan ini dapat sedikit menguraikan norma-norma mana yang dipakai oleh manusia dalam melakukan pendekatan terhadap alam ini. Dengan demikian etika lingkungan berusaha memberi sumbangan dengan beberapa norma yang ditawarkan untuk mengungkap dan mencegah terjadinya kerusakan lingkungan. 
Dalam strategi  pelaksanaan etika lingkungan,  kita harus mengetahui beberapa prinsip yang menjadi pegangan dan tuntunan bagi perilaku manusia dalam berhadapan dengan alam, yaitu :
1.      Sikap Hormat terhadap Alam (Respect For Nature). Hormat terhadap alam merupakan prinsip dasar bagi manusia sebagai bagian dari alam semesta seluruhnya. Setiap anggota komunitas ekologis, termasuk manusia, berkewajiban menghargai dan menghormati setiap kehidupan dan spesies serta menjaga keterkaitan dan kesatuan komunitas ekologis.
2.      Prinsip Tanggung Jawab (Moral Responsibility For Nature). Manusia mempunyai tanggung jawab terhadap alam semesta (isi, kesatuan, keberadaan dan kelestariannya).
3.      Solidaritas Kosmis (Cosmic Solidarity). Prinsip solidaritas muncul dari kenyataan bahwa manusia adalah bagian yang menyatu dari alam semesta dimana manusia sebagai makhluk hidup memiliki perasaan sepenanggungan dengan alam dan dengan sesama makhluk hidup lain.
4.      Prinsip Kasih Sayang dan Kepedulian terhadap Alam (Caring For Nature). Manusia digugah untuk mencintai, menyayangi, dan melestarikan alam semesta dan seluruh isinya, tanpa diskriminasi dan tanpa dominasi yang muncul dari kenyataan bahwa sebagai sesama anggota komunitas ekologis, semua makhluk hidup mempunyai hak untuk dilindungi, dipelihara, tidak disakiti, dan dirawat.

SOAL IV :
Jelaskan mengapa menggunakan blogspot ini merupakan bukti komitmen bahwa kita mendukung perwujudan kebijakan pemerintah dalam e-government di satu sisi dan mengeksperisikan etika kita terhadap lingkungan. Lengkapi dengan argumen ilmiahnya?
Karena dengan menggunakan blogspot ini merupakan bagian dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dimana upaya pemerintah untuk memberikan warga negaranya dengan akses yang lebih nyaman ke informasi dan layanan pemerintah serta untuk memberikan pelayanan publik kepada warga, mitra bisnis dan mereka yang bekerja di sektor publik, yang bertujuan untuk peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.  
Dengan sistem elearning seperti ini akan menjadi sistem pendidikan yang kreatif, inovatif dan menjadi mereka go global sekaligus go green karena mengurangi kertas (paperless). Adapun manfaat dan keuntungan dari e-government:
1.      Memperbaiki mutu pelayanan pemerintah kepada para stakeholder-nya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri).
2.      Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Governance di pemerintahan (bebas KKN).
3.      Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholdernya untuk keperluan aktivitas sehari-hari.
4.      Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interaksinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan;
5.      Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan tren yang ada; dan
6.      Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses pengambilan berbagai kebijakan publik secara merata dan demokratis.
Dengan adanya e-government masyarakat sebagai pengguna pelayanan publik dapat menikmati pelayanan oleh pemerintah yang lebih baik, lebih cepat dan mudah, tanpa dibatasi oleh dimensi-dimensi ruang dan waktu. Dengan demikian secara tidak langsung kita sudah mendukung perwujudan kebijakan pemerintah dalam e-government dan etika kita terhadap lingkungan.

SOAL V :
Mengapa jejak ekologis itu merupakan gambaran apakah seseorang itu menyumbang terhadap kerusakan lingkungan atau tidak? 

Dengan menghitung jejak ekologis kita dapat melihat hubungan sebab akibat dari tindakan atau gaya hidup manusia terhadap kemampuan bumi dalam menopang kebutuhannya di dunia ini secara kuantitatif. Sehingga kita dapat mengetahui seberapa boros, seberapa banyak kita menghasilkan limbah dan seberapa berbahaya limbah yang kita hasilkan, hingga menyangkut penjumlahan total lahan yang diperlukan untuk menyediakan makanan, perumahan, transportasi, bahan-bahan konsumsi yang lain, serta pelayanan yang kita gunakan. Namun tidak semua lahan bisa berfungsi untuk menunjang kehidupan kita secara berkelanjutan. Selain itu kita bisa menilai sejauh mana tingkat konsumsi seseorang mempengaruhi kualitas lingkungan hidup dan tentu saja berapa besar kemudian korban yang ditimbulkan akibat kerusakan lingkungan hidup yang bersumber dari pola konsumsi.

SOAL VI :
Sudahkah anda membuat dan mengelola dengan baik?  Nilai anda juga sangat   ditentukan dengan pengelolaan blogspot anda? 
Saya sudah membuat blogspot. Awalnya saya membuat blogspot ini sedikit mengalami kesulitan namun setelah saya pelajari pedoman ” How to Make a Blogger”  dan pahami alhamdulilah akhirnya saya mulai mengerti cara membuat dan mengelola blogspot dengan baik, Terima kasih pak atas pedoman yang sudah bapak berikan.






No comments:

Post a Comment

Post a Comment